Cemilan Baby Crab Tembus Pasar Modern
Di tengah tingginya minat masyarakat terhadap camilan praktis dan kekinian, sebuah UMKM di Unyur, Serang, Banten, menghadirkan inovasi produk Baby Crab Crispy.
Camilan berbahan dasar kepiting kecil ini tak hanya menawarkan cita rasa gurih dan tekstur renyah, tetapi juga menjadi alternatif makanan yang fleksibel untuk berbagai momen.
Tidak seperti olahan seafood pada umumnya yang identik dengan menu berat dan sulit dibawa, Baby Crab Crispy diolah sedemikian rupa sehingga tetap ringan, tahan lama, dan mudah dikonsumsi kapan saja.
Kemasan yang praktis memungkinkan konsumen menikmatinya sebagai camilan saat bekerja, menemani perjalanan, hingga menjadi pelengkap berbagai hidangan.
Inovasi ini lahir dari keinginan menghadirkan olahan laut yang tidak merepotkan, sekaligus memanfaatkan potensi wilayah yang berada dekat dengan pesisir sehingga bahan baku yang diperoleh lebih segar dengan memaksimalkan kekayaan laut daerah.
Proses produksinya pun dilakukan secara higienis dan dengan pengolahan khusus hingga menghasilkan rasa gurih alami tanpa menghilangkan karakter khas seafood itu sendiri.
Menariknya, camilan ini juga disukai oleh anak-anak, terutama berkat sentuhan varian rasa barbeque jagung bakar, keju, dan balado yang membuat Baby Crab Crispy mudah diterima segala usia.
Kehadiran Baby Crab Crispy menambah variasi camilan lokal yang unik dan berpotensi bersaing di pasar lebih luas. Produk ini sudah dipasarkan melalui berbagai event, minimarket, toko oleh-oleh, hingga penjualan online, dan mendapat respons positif dari konsumen.
Inovasi ini sekaligus mendorong pegiat UMKM di Serang untuk terus berkreasi mengolah bahan pangan lokal agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang serba cepat dan simpel. (TIM)